Keterampilan berbahasa Indonesia yang baik akan dapat mempermudah kerja sama dengan mitra bisnis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Sebanyak 87.8% responden menjawab penggunaan bahasa Indonesia digunakan dalam menulis perjanjian dan berkomunikasi dalam rapat; (2) Bahasa Indonesia sering digunakan dalam presentasi dalam dunia usaha dan industri; (3) Sebanyak 68.5% responden menjawab penggunaan bahasa Indonesia di perusahaan dalam konteks berkomunikasi dengan rekan kerja saat magang sangat kurang; (4) Penggunaan bahasa Indonesia ragam baku digunakan dalam SOP (Standar Operasional Prosedur); (5) Sebanyak 90,1 % responden menunjukkan bahwa kaidah bahasa Indonesia perihal surat-menyurat, dengan responden berupa perjanjian kerja dan deskripsi produk, serta 67,1% responden menyebutkan penggunaan konteks lain contohnya menulis memo dan menjawab instruksi tertulis. Sementara itu dalam menjawab pesan pelanggan hanya 47.4% yang memperhatikan kaidah bahasa Indonesia. Dalam menulis hal-hal lain, sebanyak 9% responden sangat memperhatikan kaidah bahasa Indonesia dalam menulis.
Copyrights © 2025