Penelitian ini merupakan studi kepustakaan yang menelaah silabus pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Perguruan Tinggi Muhammadiyah, khususnya AIK I yang berfokus pada Aqidah. Data primer dan sekunder diperoleh dari buku Pedoman Pendidikan AIK oleh Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat dan literatur terkait pendidikan nilai. Melalui analisis deskriptif analitis, penelitian ini menguraikan data silabus sebagai objek material, menggali implikasi pendidikan karakter, serta mengevaluasi relevansi kurikulum dengan teori pendidikan nilai dan Living Values Education (LVE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun silabus AIK I mencakup materi keimanan dan kemanusiaan, implementasinya seringkali kurang efektif jika tidak didukung oleh metode pembelajaran yang kreatif. Oleh karena itu, disarankan untuk mengintegrasikan pendekatan pendidikan nilai dalam pembelajaran AIK guna meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi model pembelajaran yang lebih interaktif dan berorientasi pada pengembangan karakter mahasiswa, sehingga dapat menciptakan lulusan yang tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga memiliki nilai-nilai moral yang kuat.
Copyrights © 2023