Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices
Vol 7, No 2 (2023): November

Living Value Al-Islam and Kemuhammadiyahan At Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyah

Mustafidah, Nur Mashani (Unknown)
Mustofa, Triono Ali (Unknown)
Rohmani, Annas Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kepustakaan yang menelaah silabus pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Perguruan Tinggi Muhammadiyah, khususnya AIK I yang berfokus pada Aqidah. Data primer dan sekunder diperoleh dari buku Pedoman Pendidikan AIK oleh Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat dan literatur terkait pendidikan nilai. Melalui analisis deskriptif analitis, penelitian ini menguraikan data silabus sebagai objek material, menggali implikasi pendidikan karakter, serta mengevaluasi relevansi kurikulum dengan teori pendidikan nilai dan Living Values Education (LVE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun silabus AIK I mencakup materi keimanan dan kemanusiaan, implementasinya seringkali kurang efektif jika tidak didukung oleh metode pembelajaran yang kreatif. Oleh karena itu, disarankan untuk mengintegrasikan pendekatan pendidikan nilai dalam pembelajaran AIK guna meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi model pembelajaran yang lebih interaktif dan berorientasi pada pengembangan karakter mahasiswa, sehingga dapat menciptakan lulusan yang tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga memiliki nilai-nilai moral yang kuat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

iseedu

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices is to challenge exellence in professional education by promoting forward-research-finding scholar, progressive and innovative, to bridge the gap between education and professional practice to inspire and challenge tomorrow’s ...