Salah satu capaian pembelajaran yang harus dikuasai oleh siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Nurul Iman adalah kemampuan menguasai materi Bahasa Arab sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Bahasa Arab menjadi salah satu pelajaran pokok yang memiliki peran penting dalam membentuk dasar pengetahuan keagamaan siswa. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pihak madrasah, diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami kosakata dan struktur bahasa, serta kurang memiliki minat belajar terhadap pelajaran Bahasa Arab. Kondisi ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih bersifat tradisional dan berpusat pada guru, dengan metode hafalan yang kurang melibatkan partisipasi aktif siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi para guru dalam menerapkan Al’ab Lughawiyah (permainan bahasa) sebagai strategi pembelajaran yang kreatif, interaktif, dan menyenangkan. Metode yang digunakan adalah Asset-Based Community Development (ABCD) dengan lima tahapan, yaitu discovery, dream, design, define, dan destiny. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran inovatif, terbentuknya komunitas belajar guru, serta tersusunnya strategi keberlanjutan untuk memperkuat penerapan Al’ab Lughawiyah di MDT Nurul Iman Kabupaten Bungo.
Copyrights © 2025