Inverted
Vol 5, No 1: Januari 2025

Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Android SMK Negeri 1 Suwawa Kelas X TKJ

Mania, Nurpita Sukmaya (Unknown)
Latief, Mukhlisulfatih (Unknown)
Muthia, Muthia (Unknown)
Pakaya, Jemmy A. (Unknown)
Olii, Salahudin (Unknown)
Polin, Muchlis (Unknown)
Rijal, Bait Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk merancang game edukasi guna membantu siswa memahami jenis, fungsi, dan penggunaan alat ukur jaringan, sehingga memudahkan mereka mengenal berbagai jenis alat ukur jaringan komputer dan telekomunikasi. Tujuan ini juga mendukung capaian pembelajaran dalam materi DTJKT dan kurikulum merdeka belajar, serta memberikan solusi dari masalah yang di alami guru dan siswa dalam proses belajar, sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Pada tahap penelitian, dilakukan pengumpulan data serta pengujian kelayakan dan kepraktisan game edukasi yang dibuat. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup Validasi Ahli Materi, Ahli Media, dan Respon Pengguna, yang telah melewati proses validasi oleh expert judgement. Validasi dilakukan dengan 2 ahli materi, 2 Ahli Media dan 26 Respon Siswa. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 96% yang dikategorikan “Sangat Layak” untuk digunakan dalam media. Selanjutnya, hasil validasi ahli media 92% yang berkategori “Sangat Layak” untuk digunakan dikelas. Kemudian hasil respon siswa memperoleh skor 94% yang dikategorikan “Sangat Praktis” untuk digunakan oleh siswa dalam belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inverted

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Inverted: Journal of Information Technology Education is published by Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. This journal is published twice a year in January and July. This journal specifically focuses on Education Technology (Education, Multimedia, Gamification, Web, Mobile, ...