Euclid
Vol 11 No 3 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM PENGERJAAN SOAL MATEMATIKA DI SMP SWASTA AN-NIZAM

Siahaan, Yosi Syahfitri (Unknown)
Andhany, Ella (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi geogebra terhadap pemahaman konsep matematis siswa dalam pengerjaan soal matematika pada kelas VIII mateeri persamaan kuadrat. Penelitian ini menggunakan  metode kuantitatif eksperimen dengan populasi 3 kelas VIII berjumlah 90 siswa dan sampel 2 kelas yaitu kelas VIII KHD berjumlah 30 siswa  dan kelas VIII AD berjumlah 30 siswa dengan instrumen penelitian berupa 5 soal essay mencakup indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Didapatkan hasil penelitian adanya pengaruh  yang signifikan antara kelas VIII KHD dan VIII AD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan kuadrat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...