Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2024): Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

Analisis penerapan pembelajaran fisika melalui model pembelajaran PAIKEM terhadap motivasi belajar siswa di berbagai jenjang pendidikan

Maknun, Lu’luil (Unknown)
Safira, Amalia Intan (Unknown)
Khoerunnisa, Devi Nur (Unknown)
Muttaqi, Moh. Zaha Faizul (Unknown)
Afifi, Muhammad Wildan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efisien, dan Menyenangkan (PAIKEM) merupakan pendekatan yang bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang optimal bagi siswa. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PAIKEM mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, yang pada gilirannya berdampak positif terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model pembelajaran PAIKEM di berbagai tingkat pendidikan serta mengidentifikasi peran kesiapan guru dan siswa dalam keberhasilan implementasinya. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan, data dalam penelitian ini dikumpulkan dari berbagai jurnal ilmiah yang relevan. Hasil kajian pustaka menunjukkan bahwa model PAIKEM tidak hanya meningkatkan motivasi belajar, tetapi juga mengembangkan potensi siswa secara optimal. Berdasarkan analisis literatur, disimpulkan bahwa penerapan PAIKEM memerlukan kesiapan baik dari sisi pendidik maupun peserta didik untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nautical

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Engineering

Description

1. Humanities and social sciences 2. Contemporary political science 3. Education science 4. Religion and philosophy 5. engineering science 6. Business and economy 7. cooperative 8. technology 9. HR Development 10. Design and media ...