JURNAL KEISLAMAN TERATEKS
Vol 9 No 2 (2024): OKTOBER

PERAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA PLUS MIFTAHUL ULUM KABUPATEN SUMENEP

LUTFI, MOH. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bahasa Indonesia dalam penguatan profil pelajar pancasila di SMA Plus Miftahul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Plus Miftahul Ulum, Desa Pandian, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara terhadap dua orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sementara itu, teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru bahasa Indonesia di SMAS Plus Miftahul ulum telah mengimplementasikan penguatan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari selama di sekolah. Ada beberapa cara yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia SMA Plus Miftahul Ulum dalam proses implementasi profil pelajar pancasila di sekolah seperti pembiasaan dan integrasi. Pembiasaan oleh guru dilakukan dengan memberikan contoh perilaku yang baik dan menegur peserta didik yang tidak taat aturan. Sementara itu, integrasi dilakukan dengan memasukkan dimensi profil pelajar pancasila ke dalam modul ajar dan diaplikasikan saat pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

terateks

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Islam Terateks yang berfokus pada Ilmu keislaman berisi kajian-kajian keislaman yang meliputi pendidikan Islam, syariah, pemikiran Islam, ekonomi, dan kajian Islam lainnya. Sebagai tempat perantara dalam penulisan karya ilmiah dari peneliti, akademisi, praktisi, mahasiswa, dan dosen. Sebagai ...