JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 14 No. 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Penggunaan KIT IPA terhadap Keterampilan Literasi dan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nasharuddin, Nasharuddin (Unknown)
Hajra Yansa (Unknown)
Miftahul Janna (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Terjadi kesenjangan kompetensi guru sekolah dasar dalam menggunakan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA yang mengakibatkan rendahnya efektivitas penggunaan KIT. Kesenjangan tersebut dapat diatasi dengan mempersiapkan calon guru yang lebih kompeten dan mampu mengintegrasikan KIT IPA secara efektif dalam proses pembelajaran dan memiliki kompetensi literasi dan proses sains, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di masa depan. Untuk itu, menjawab terbatasnya studi yang meninjau pengaruh kompetensi penggunaan KIT dengan literasi dan proses sains, maka tujuan studi ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan KIT IPA terhadap kemampuan literasi dan proses sains mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Makassar. Studi ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest design. Melibatkan 37 mahasiswa dalam mata kuliah percobaan KIT IPA. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan uji wilcoxon berbantukan software SPSS karena data tidak berdistribusi normal dan homogen. Pengambilan keputusan ditunjukan pada nilai probabiliti. Hasil penelitian menunjukkan nilai probabiliti data hasil pretest-posttest sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 (0,000<0,05), berarti menolak H0 maka terdapat perbedaan antara nilai pretest dan postest setelah diberikan perlakuan penggunaan KIT IPA pada mahasiswa PGSD. Hal tersebut memberi informasi bahwa terdapat pengaruh penggunaan KIT IPA terhadap kemampuan literasi dan proses sains mahasiswa Unismuh Makassar. Implikasi studi menghasilkan penggunaan KIT IPA dapat menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa agar meningkatkan kemampuan penggunaan KIT IPA hingga kemampuan merancang KIT sederhana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...