Penelitian ini didasarkan pada program pemerintah yaitu SDGs-7 untuk menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Pengenalan SDGs-7 kepada peserta didik di sekolah dasar dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran yaitu pada penggunaan media pembelajaran interaktif berupa game edukasi berbasis Genially. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui proses pengembangan, menilai kelayakan, serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap game edukasi. Pengembangan game edukasi berbasis Genially mempergunakan metode penelitian Research & Development dengan model pengembangan ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta angket. Game edukasi ini sudah diuji kelayakannya oleh beberapa ahli serta respon dari subjek penelitian. Penilaian kelayakan ahli media diperoleh nilai 93% dan ahli materi diperoleh nilai 93% dengan kategori sangat layak. Penilaian kelayakan peserta didik pada uji coba skala kecil diperoleh nilai 98,6% dan pada uji coba skala besar didapatkan nilai 95,7% dengan kategori sangat layak serta penilaian kelayakan dari respon guru diperoleh nilai 100% dengan kategori sangat layak. Kesimpulannya, game edukasi berbasis Genially sangat layak dipergunakan pada proses pembelajaran. Disarankan untuk mengembangkan game edukasi menggunakan materi dan aplikasi lain agar lebih bervariasi.
Copyrights © 2025