Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 4 (Oktober 2025)

Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

Della, Dhia Alfa (Unknown)
Attamimi, Taufik Abdullah (Unknown)
Hasanah, Uswatun (Unknown)
Khairunnisa, Ririn (Unknown)
Noor, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konsep pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Selama ini, pembelajaran PAI masih cenderung berfokus pada aspek kognitif dan hafalan, sehingga kurang menyentuh aspek afektif dan psikomotorik secara menyeluruh. Melalui pendekatan Pembelajaran Mendalam yang menekankan pada kebermaknaan, kesadaran, dan kegembiraan belajar, peserta didik diarahkan untuk mengalami proses belajar yang reflektif, kontekstual, dan berorientasi pada pembentukan karakter sehingga berhasil sesuai dengan Capaian Pembelajaran yang berdasarkan dimensi Profil Lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berbasis studi kepustakaan. Model pengembangan pembelajaran Dick and Carey digunakan sebagai kerangka sistematik untuk merancang bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan capaian pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi antara langkah-langkah pengembangan instruksional dan prinsip-prinsip Pembelajaran Mendalam menghasilkan bahan ajar yang tidak hanya informatif, tetapi juga transformatif. Bahan ajar PAI yang dikembangkan mampu mendorong pemahaman konseptual, pengamalan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, serta mendukung pembentukan Profil Lulusan yang di antaranya religius, kolaboratif, mandiri, dan berpikir kritis. Temuan ini relevan untuk diterapkan dalam pengembangan bahan ajar PAI di berbagai jenjang pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...