Dalam suatu proses pembelajaran, perlunya suatu rangsangan bagi seorang mahasiswa. Guna menumbuhkan ketertarikan serta semangat dalam belajar. Utamanya dalam meningkatkan berpikir kritis pada mahasiswa. Pendidik, memiliki kewajiban dalam keberhasilan belajar peserta didik. Sehingga pendidik harus mengetahui karakteristik dari mahasiswa. Salah satunya mengetahui minat belajar mahasiswa. Pendidik harus mampu mengenali kesiapan mahasiswa dalam proses belajar, sertaa mengetahui minat belajar mahasiswa. Sehingga, mahasiswa semangat dan excited menerima pembelajaran. Dengan mengetahui minat belajar mahasiswa, dapat menjadi salah satu cara dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Baik dengan memberikan soal ataupun dengan memberikan tugas praktik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan uji regresi pada software SPSS guna melihat apakah minat belajar berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis sehingga hasil belajar mahasiswa dapat meningkat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh kuat terhadap variabel Y dengan presentase 77,2 %. Dengan demikian, minat belajar mahasiswa menjadi salah satu faktor untuk meningatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa khususnya pada materi gerak jatuh bebas.
Copyrights © 2023