Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 7, No 2 (2024)

LKS Berbasis CPS: Sebagai Bentuk Pengembangan dalam Menfasilitasi KPKM Siswa

Edo, Muhammad (Unknown)
Rahmi, Depriwana (Unknown)
Kurniati, Annisah (Unknown)
Yuniati, Suci (Unknown)
Hasibuan, Ismail Mulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan LKS berbasis Creative Problem Solving (CPS) yang memenuhi syarat valid, praktis serta efektif pada materi perbandingan untuk menfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa (KPKM). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Lingtau Bao Utara.  Siswa kelas VII SMPN 3 Lintau Bao sebagai subjek dari penelitian ini, dan LKS berbasis CPS sebagai objek. Teknik angket dan tes adalah teknik dalam pengumpulan data yang digunakan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa LKS berbasis CPS termasuk dalam kategori sangat efektif. Dan LKS berbasis CPS terbukti sangat praktis baik dalam eksperimen kelompok kecil maupun besar. LKS berbasis CPS diklasifikasikan dalam kategori valid berdasarkan hasil uji validitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...