Kendala yang di hadapi oleh pengrajin dan UMKM di Koto Gadang antara lain terbatasnya inovasi produk dan pelaku UMKM belum memanfaatkan secara optimal platform digital untuk memasarkan produknya. Tujuan Kegiatan Kemitraan masyarakat ini adalah untuk meningkatkan daya saing dan kapasitas UMKM Sulam Koto Gadang melalui pelatihan pemasaran digital dan inovasi produk yang dihasilkan. Pada pengabdian ini proses sosialisasi dilakukan dengan memberikan informasi dan pemahaman tentang peningkatan kuantitas dan kualitas produk kerajinan sulam melalui pengembangan desain produk yang akan dihasilkan serta pengembangan pemasaran. Pelatihan dilakukan dengan cara demonstrasi, yaitu cara membuat desain yang kreatif dan inovatif harus dilakukan serta memberikan pelatihan bagaimana cara pemasaran secara online dengan memanfaatkan digital platform online. Dari hasil PKM dihasilkan berbagai produk sulaman dengan beberapa pengembangan motif yang dan produk yang dihasilkan semakin beraneka-ragam. Selain itu, dari hasil PKM ini pengrajin mulai memanfaatkan digital marketing sebagai saran promosi dan penjualan produk sulaman koto gadang melalui pemanfaatan sosial media seperti Facebook, Instagram, dll. Kesimpulan dari PKM ini adalah meningkatnya inovasi produk sulam koto gadang sehingga produk lebih menarik dan sesuai dengan selera konsumen serta pengrajin dapat memahami peran penting penggunaan digital marketing untuk menjual produk sulam Koto Gadang
Copyrights © 2025