Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG)
Vol 5 No 1 (2024): Volume 5 No 1 Februari 2024

Efektivitas Permainan Tradisional “Petak Umpet” pada Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar

Sihite, Dorawan Lia (Unknown)
Saragi, Daulat (Unknown)
Ndona, Yakobus (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Bermain merupakan pekerjaan bagi anak, setiap anak ingin selalu bermain sebab dengan bermain anak merasa rileks tidak tertekan. Banyak sekali permainan di luar rumah yang bisamenstimulasi perkembangan sosial emosional anakyaitu permainan- permainan tradisional seperti petak umpet Nilai Karakter yang Terdapat dalam Permainan Tradisional Petak Umpet: a) Religius Nilai religius nampak ketika sebelum bermain, anak berdoa bersama terlebih dahulu. b) Sportivitas dan Kejujuran Sportivitas terlihat ketika pemain menyetujui aturan yang telah disepakati dan jujur ketika jadi penjaga. c) Cinta Tanah Air Melestarikan budaya Indonesia adalah bentuk cinta tanah air anak-anak kepada Negara Republik Indonesia. d) Bersahabat/Berkomunikatif Komunikasi di dalam sebuah permainan sangat penting untuk menjaga supaya tidak terjadi kesalahpahaman satu sama lain. e) Kecermatan Kecermatan pemain diperlukan untuk mencari tempat persembunyian yang nantinya sulit ditemukan oleh penjaga dan mencari waktu yang tepat untuk bisa menyentuh benteng. f) Mandiri dan bekerja keras Dalam permainan petak umpet.g) Demokratis Nilai demokratis terlihat ketika antar pemain bisa menghormati dan menghargai satu sama lain meskipun terdapat perbedaan diantara mereka. h) Bertanggungjawab Nilai tanggungjawab nampak pada pemain yang harus mencari tempat persembunyian dan penjaga harus bersedia untuk mencari teman dan menjaga benteng i) Kepatuhan Nilai kepatuhan terlihat ketika sebelum memulai permainan, ada ketentuan-ketentuan yang harus disepakati oleh semua pemain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPG

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPG: Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru merupakan jurnal yang diterbikan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Memfasilitasi para akademisi, praktisi, guru, mahasiswa dalam bidang kependidikan dari hasil penelitian ...