SPEED: Journal of Special Education
Vol. 8 No. 2 (2025): SPEED: Journal Of Special Education

Desain Dan Validasi Media Aplikasi Quanti-R Untuk Mata Kuliah Metode Penelitian Bagi Mahasiswa Tunanetra Dan Tunarungu Pada Kelas Inklusif Di Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret

Supratiwi, Mahardika (Unknown)
Gunarhadi, Gunarhadi (Unknown)
Sari, Erma Kumala (Unknown)
Nugraha, Redydian Adhitya (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Mahasiswa tunanetra dan tunarungu di kelas inklusif perguruan tinggi (PT) memiliki berbagai permasalahan. Berdasarkan analisis kebutuhan pada mahasiswa disabilitas Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret (Prodi PLB UNS) penempuh mata kuliah Metode Penelitian, ditemukan bahwa mahasiswa tunanetra dan tunarungu mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar dalam mata kuliah Metode Penelitian. Mahasiswa tunanetra dan tunarungu membutuhkan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhannya. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis android berupa aplikasi Quanti-R, sebagai teknologi bantu bagi mahasiswa tunanetra dan tunarungu. Aplikasi Quanti-R berisi materi, video, dan kuis terkait materi rancangan penelitian kuantitatif dalam mata kuliah Metode Penelitian, Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini mengikuti model Research & Development (R&D), dengan langkah penelitian meliputi 1) mengembangkan instrumen penilaian kebutuhan; 2) melakukan penilaian kebutuhan; 3) menganalisis data penilaian kebutuhan; 4) mengembangkan prototipe; 5) validasi produk dengan ahli dan pengguna; dan 6) revisi produk. Penelitian ini melibatkan 5 validator ahli mencakup ahli dalam ketunanetraan, ketunarunguan, metode penelitian, media pembelajaran, dan bahasa; serta 7 pengguna, yaitu 1 mahasiswa tunanetra dan 6 mahasiswa tunarungu. Instrumen validasi yang digunakan terdiri dari instrumen penilaian ahli dan evaluasi pengguna. Validasi dilanjutkan dengan diskusi kelompok terarah pada para ahli dan pengguna. Berdasarkan penghitungan CVI, hasil validasi ahli bergerak antara 0,8 hingga 1, sementara hasil validasi pengguna bergerak antara 0,86 hingga 1. Dengan demikian, aplikasi Quanti-R dianggap valid, baik oleh ahli maupun pengguna sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa tunanetra dan tunarungu dalam mata kuliah Metode Penelitian. Penelitian ini berkontribusi dalam menciptakan media pembelajaran yang inklusif dan inovatif yang mendukung pembelajaran mahasiswa disabilitas di kelas inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...