Latar belakang penelitian ini adalah melatih dan mengasah skill peserta didik dalam matematika, terutama kemampuan literasi matematika. Hal ini dikarenakan sekolah belum memiliki media pembelajaran, yang dapat digunakan oleh siswa untuk berlatih mengerjakan soal-soal, yang biasanya hanya bersumbser dari modul ajar saja. Faktor lain penyebab rendahnya kemampuan literasi peserta didik adalah karena siswa terbiasa menghafalkan rumus dan terpaku pada langkah-langkah penyelesaian soal yang diberikan oleh guru saat pembelajaran. Untuk itu perlu dikembangkan LKPD berbasis game wordwall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Terdapat lima tahapan dalam model penelitian ADDIE, yakni analisis, desain, Pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas VIII berjumlah 20 orang, dengan teknis analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah LKPD berbais game wordwall pada materi statistika untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik yang layak dan sangat praktis untuk digunakan.
Copyrights © 2024