Penelitian bertujuan untuk mengetahui peranan pembina pramuka dalam meningkatkan keterampilan kepramukaan di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus melalui kegiatan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembina memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan kepramukaan di sekolah dasar. Akan tetapi, peran pembina di SD Negeri Cileungsi 01 masih belum optimal akibat adanya beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam implementasi pendidikan kepramukaan di SD seperti, keterbatasan jumlah guru pembina (SDM rendah), kurangnya fasilitas sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan kepramukaan, serta keterbatasan waktu dalam pelaksanaan pendidikan kepramukaan. Sebagai solusi, guru pembina dapat mengikuti pelatihan tambahan mengenai kepramukaan, meningkatkan sarana dan prasarana penunjang kegiatan pramuka, dan memaksimalkan waktu kegiatan dengan lebih efektif. Peneliti berharap penilitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk pihak sekolah dalam memperhatikan dan meningkatkan kompetensi pembina dalam implementasi pendidikan kepramukaan yang lebih baik.
Copyrights © 2025