Yayasan Cita Cendikiawan Al Khwarizmi
Vol. 5 No. 2 (2025): Artikel Pengabdian Nopember 2025

Edukasi Interaktif sebagai Langkah Peningkatan Literasi Keuangan pada Anak Usia Sekolah Dasar

Ramadhani, Ayulita (Unknown)
Qadri , Uchi Lilla (Unknown)
Astuti, Astuti (Unknown)
Adhitya , Tiara Reizsa (Unknown)
Siregar , Hashfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2025

Abstract

Literasi keuangan merupakan keterampilan dasar yang harus ditanamkan sejak usia dini untuk menumbuhkan perilaku keuangan yang sehat di masa depan. Namun, survei menunjukkan bahwa literasi keuangan di kalangan anak-anak Indonesia masih rendah, sehingga diperlukan intervensi pendidikan di tingkat sekolah dasar. Program layanan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan siswa SDIT Swasta An-Naas di Binjai melalui pendekatan pembelajaran interaktif partisipatif. Metode yang digunakan meliputi persiapan, pelaksanaan empat sesi pembelajaran interaktif, pemantauan dan evaluasi, serta tindak lanjut melalui pengembangan modul pembelajaran sederhana. Program ini melibatkan 60 siswa dari kelas 4 dan 5, dengan menggunakan media pembelajaran seperti video animasi, kartu flash, peran permainan “belanja cerdas,” dan simulasi pasar mini. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam nilai rata-rata siswa dari 56,2 (pra-tes) menjadi 82,4 (pasca-tes), dengan peningkatan terbesar pada keterampilan pengelolaan uang. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan partisipasi aktif dalam setiap sesi. Kesimpulannya, pendekatan pendidikan interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan literasi keuangan siswa sekolah dasar dan dapat direplikasi di sekolah lain dengan penekanan pada literasi keuangan digital dan Islam.

Copyrights © 2025