Indonesia merupakan negara dengan tingkat kerentanan bencana alam yang tinggi, sehingga edukasi mitigasi bencana sejak dini menjadi penting, terutama bagi anak usia 8–12 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran berbasis permainan edukatif “Petualangan Semut” dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana pada siswa SD. Metode yang digunakan adalah Game Based Learning (GBL), dengan pendekatan kuantitatif dan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas 5 SDN 22 Ulak Karang Utara, Padang, yang berada di wilayah rawan bencana. Instrumen yang digunakan berupa tes pengetahuan mitigasi bencana sebelum dan sesudah intervensi. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal. Rata-rata skor pre-test sebesar 58,44 meningkat menjadi 61,33 pada post-test. Namun, hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa peningkatan tersebut tidak signifikan secara statistik (p = 0,307). Temuan ini menyarankan perlunya pengembangan lanjutan media edukasi yang lebih interaktif serta peningkatan durasi intervensi untuk memperoleh hasil yang lebih signifikan.
Copyrights © 2025