EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 7, No 1 (2022): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY MELALUI LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Siregar, Nurhasana (Unknown)
Lubis, Rodiah Ulfah (Unknown)
Nasution, Puspa Riani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2022

Abstract

Pembelajaran yang memiliki efektifitas yang baik dapat ditinjau dari serangkaian kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektifitas pembelajaran ADI melalui lesson study terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian  ini kategori penelitian kualitatif dengan teknik analsisi data deskriptif presentasi (%) hasil belajar dan deskripsi pembelajaran ADI yang diterapkan melalui catatan lembar observasi, catatan observasi dan test pemahaman mahasiswa terdiri dari 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi praktikum mahasiswa meningkat dari LS-1 47,42% dan LS-2 79,01%, perolehan ini sama dengan peningkatan hasil tes pemahaman mahasiswa sekitar skor 80-90 sebanyak 10 orang. Peningkatan hasil belajar tersebut mengindikasikan penerapan pembelajaran ADI efektif, dan dari segi proses pembelajarannya adanya peningkatan pencapaian tujuan pembelajaran diantaranya sintesis, kerjasama, komunikasi dan kemandirian, selain itu dari waktu pelaksanaan semakin baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...