Penelitian ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang nilai-nilai karakter melalui pertunjukan boneka tangan di SD Tahfizh Qur’an Karimah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap survey, tahap pengkajian, tahap perencanaan alternatif program, tahap pemformulasian rencana aksi, tahap pelaksanaan, tahap pendampingan, dan tahap evaluasi. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam pemahaman nilai-nilai karakter yang awalnya rata-rata nilai siswa 69,00. Nilai rata-rata ini menunjukan bahwa pemahaman siswa belum mencapai nilai minimum yaitu 70. Kemudian setelah dilakukan sosialisasi nilainya rata-rata pemahaman siswa meningkat menjadi 85,11. Hal ini berarti 85% siswa sudah mengalami peningkatan kemampuan dan pengetahuan sosialisasi penanaman nilai-nilai karakter dan sisanya masih sedikit mengalami kendala karena keterbatasan
Copyrights © 2025