Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 7, No 6 (2024): MARTABE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

PELATIHAN MENGGUNAKAN METODE MONTESORI UNTUK PEMBACA PEMULA BAGI GURU DI UPTD SDN 014673 SUMBER HARAPAN KEC. TINGGI RAJA KAB. ASAHAN

Hayati Maulidiah, Rina (Unknown)
Rahmadani, Elfira (Unknown)
Darmawan, Diki (Unknown)
Selly, Putri (Unknown)
Puspita Sari, Bella (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk melatih kemampuan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di UPTD SDN 014673 Sumber Harapan kec. Tinggi Raja kab. Asahan dengan menggunakan metode Montessori. Metode Montessori menekankan pengembangan motorik siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Pengabdian ini melibatkan tiga tahap kegiatan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan praktik. Melalui pelatihan dengan menggunakan metode Montessori, diharapkan terjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan motorik siswa dan minat belajar membaca. Tahapan pembelajaran membaca permulaan pada metode Montessori mencakup Tahap Pra-Membaca dan Tahap Teknis Membaca. Pelatihan ini menunjukkan bahwa penerapan metode Montessori berpengaruh positif terhadap pembelajaran dan hasil belajar membaca pemula siswa. Dengan adanya program pengabdian ini diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa dalam hal perkembangan motorik dan kemampuan belajar mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...