Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 3 No 3 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SD Menggunakan Model Pembelajaran Novick Pada Materi Pecahan

Fitriani, Dewi (Unknown)
Irfan, Muhammad Khidayatullah (Unknown)
Maisarah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Novick dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD pada materi pecahan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi, dengan mengacu rancangan model John Elliot. Penelitian kolaborasi merupakan penelitian dengan 2 atau lebih peneliti dalam melaksanakan dan menyusun penelitian bersama. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap, yaitu tahap pertama melakukan pra siklus dan tahap kedua melakukan 3 siklus pembelajaran. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar yang terdiri dari 25 orang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Tes berguna untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman konsep matematika siswa saat proses pembelajaran sudah mencapai tujuan yang diinginkan ataukah belum. Tes yang digunaan dalam penelitian ini berbentuk soal uraian. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD dari siklus I hingga siklus III yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Novick.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...