Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 13 No 2 (2025): Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

Survey Minat Siswa SMA terhadap Program Studi Pendidikan Jasmani di Daerah Terluar Maluku Barat Daya

Ritiauw, Petra Pratama (Unknown)
Rumawatine, Stella (Unknown)
Syaranamual, Jusak (Unknown)
Rahmat, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2025

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran formal yang diberikan sejak jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat siswa SMA kelas XI terhadap program studi Pendidikan Jasmani di daerah pulau-pulau terluar, yaitu Pulau Leti, Pulau Moa, dan Pulau Lakor di Kabupaten Maluku Barat Daya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat siswa terhadap program studi Pendidikan Jasmani tergolong sangat tinggi, dengan 57% responden menyatakan sangat setuju dan 34% menyatakan setuju terhadap pilihan melanjutkan studi pada program studi Pendidikan Jasmani. Tingginya minat ini dipengaruhi oleh pandangan siswa bahwa pendidikan jasmani merupakan bidang yang relevan dengan potensi diri dan kebutuhan daerah, di wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Universitas Pattimura dan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya mempertimbangkan hasil penelitian ini sebagai rujukan dalam pembukaan Program Studi Pendidikan Jasmani pada kampus PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Maluku Barat Daya. Pembukaan program studi ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan tinggi di bidang olahraga serta mendukung peningkatan sumber daya manusia di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...