Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024.

ANALISIS KEBUTUHAN E-LKPD BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MEMBACA DAN KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL

Ike Yunia Meka (Unknown)
Sudarmin (Unknown)
Sri Wardani (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)
Wahyu Lestari (Unknown)
Sri Sukasih (Unknown)
Kurotul Aeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penguasaan konsep membaca dan kemandirian siswa sekolah dasar masih menjadi tantangan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan e-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) dengan bantuan Canva sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep membaca dan kemandirian siswa sekolah dasar. Analisis ini juga menyoroti pentingnya integrasi multimedia dan desain grafis yang menarik dalam pembuatan LKPD untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, dan penyebaran angket kepada guru dan siswa di beberapa sekolah dasar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan kebutuhan akan e-LKPD dengan bantuan Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD berbantuan Canva sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Fitur-fitur yang disediakan Canva, seperti desain visual yang menarik, kemudahan penggunaan, dan kolaborasi online, dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan menyenangkan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep membaca dan kemandirian siswa sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-LKPD berbantuan Canva berpotensi menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar dalam menghadapi tantangan era digital. Pengembangan e-LKPD berbantuan Canva perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...