e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 6, No 2 (2018): (Mei-Agustus) e-JIPSD

Penggunaan Model Bamboo Dancing dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar

lucyana, suci (Unknown)
S, Farida (Unknown)
Reinita, Reinita (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

Abstrak      Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan model kooperatif tipe bamboo dancing di kelas V SDN 16 Kampeh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V berjumlah 20 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a) RPP siklus I 82,14%  dan siklus II 92,86% , b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I 77,5% dan siklus II  90% , c) Pelaksanaan pada aspek siswa siklus I 81,25% dan siklus II  menjadi 92,5% , d) Hasil belajar siswa siklus I 78,47 dan siklus II 86,64. Dengan demikian dapat disimpulkan, dengan menggunakan model pembelajaran bamboo dancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.Kata kunci: hasil belajar; Pendidikan Kewarganegaraan; bamboo dancing

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...