e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 3, No 1 (2015): (Januari-Juli) e-JIPSD

KESIAPAN GURU KELAS MELAKSANAKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR SE-KOTA PADANG

Khairani, Khairani (Unknown)
Yusri, Yusri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2015

Abstract

AbstrakKesiapan adalah kondisi seseorang yang membuatnya siap untuk memberi respon dalam cara tertentu terhadap situasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesiapan guru kelas melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar se-Kota Padang dilihat dari aspek pengetahuan, (2) mendeskripsikan kesiapan guru kelas melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar se-Kota Padang dilihat dari aspek keterampilan, (3) mendeskripsikan kesiapan guru kelas melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar se-Kota Padang dilihat dari aspek sikap. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berasal dari guru kelas sekolah dasar (SD) se-Kota Padang berjumlah 429 orang guru kelas 4, 5 dan 6. Sampel diambil menggunakan tekhnik Cluster random sampling, sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 37 orang guru kelas 4, 5, dan 6. Penelitian dilaksanakan dengan mengadministrasikan insytrumen angket. Data dianalisisi dengan analisis persentase. Temuan penelitian menunjukkan hasil kesiapan guru kelas melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar se-Kota Padang berada pada kategori baik.Kata kunci: Kesiapan guru, Bimbingan dan Konseling di SD

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...