ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 4 No 2 (2025): Anthor 2025

Efektivitas Media Diagram Venn terhadap Pemahaman Materi Himpunan Siswa SDN 06 Kota Bima

Khatimah, Husnul (Unknown)
Fadilah, Fara (Unknown)
Nurmayunita, Nurmayunita (Unknown)
Sabila, Aulia Anjila Ramadhan Sufi (Unknown)
Adhar, Adhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2025

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran dasar yang penting untuk membentuk kemampuan berpikir logis dan sistematis, salah satunya melalui pembelajaran materi himpunan. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar himpunan karena sifatnya yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media diagram Venn dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi himpunan di kelas V SDN 06 Kota Bima. Metode yang digunakan adalah kajian literatur sistematis yang dikombinasikan dengan pendekatan studi tindakan berbasis kelas terhadap 26 siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan diagram Venn sebagai media visual mampu membantu siswa dalam memahami relasi antarhimpunan secara lebih konkret dan intuitif. Diagram Venn juga terbukti meningkatkan kemampuan logika dasar matematika dan mengurangi kesalahan konseptual. Meski demikian, ditemukan pula beberapa kendala, seperti kesulitan siswa dalam menginterpretasikan operasi himpunan yang kompleks. Oleh karena itu, disarankan agar diagram Venn digunakan secara terintegrasi dalam model pembelajaran visual-interaktif serta dilengkapi dengan pelatihan guru agar penggunaannya lebih optimal.

Copyrights © 2025