JS (Jurnal Sekolah)
Vol. 8 No. 1 (2023): Desember 2023

CAPLAIRE: INOVASI MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LITERASI SAINS

Ananda, Lala Jelita (Unknown)
Simanihuruk, Lidya (Unknown)
Ratno, Suyit (Unknown)
Zati, Vidya Dwi Amalia (Unknown)
Sembiring, Masta Marselina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development (R&D) dimana produk yang dikembangkan adalah Model Pembelajaran œCAPLAIRE yaitu model pembelajaran IPA berbasis literasi sains bagi mahasiswa PGSD. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini dihasilkan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Sains yang diberi nama CAPLAIRE. CAPLAIRE sendiri merupakan singkatan dari tahapan pembelajarannya, yaitu : Case Investigation (Investigasi masalah), Plan A Solution (Rencana Solusi),  Implementation (Implementasi), dan Reflection/Evaluation (Refleksi/Evaluasi). Hasil uji validitas produk diperoleh 93% sangat layak untuk digunakan di mata kuliah Konsep Dasar Biologi di Prodi PGSD FIP UNIMED.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...