IPSSJ
Vol. 2 No. 05 Oktober (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

EVALUASI USER EXPERIENCE PADA APLIKASI LINE MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Benny Muyarman (Unknown)
Kartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2025

Abstract

LINE merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang cukup populer, namun memiliki rating pengguna yang lebih rendah (3.1) dibandingkan pesaing seperti WhatsApp dan Messenger. Keluhan terkait bug, kendala registrasi, dan kualitas layanan turut memengaruhi pengalaman pengguna (UX). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi UX aplikasi LINE menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ), yang mencakup enam indikator: Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Metode penelitian bersifat kuantitatif dengan pengumpulan data dari 100 responden melalui kuesioner daring. Analisis dilakukan menggunakan perangkat resmi UEQ. Hasil awal menunjukkan performa aplikasi dalam kategori “Excellent” untuk Attractiveness, Dependability, dan Stimulation, serta “Good” untuk Perspicuity dan Efficiency. Namun, aspek Novelty memperoleh nilai terendah dalam kategori “Bad”, yang berdampak negatif pada kualitas hedonistik aplikasi. Sebagai tindak lanjut, dilakukan perancangan ulang antarmuka menggunakan Figma dengan fokus pada peningkatan aspek kebaruan. Pengujian prototipe menunjukkan peningkatan signifikan pada Novelty menjadi “Above Average”, sementara aspek lain tetap berada dalam kategori baik. Penelitian ini membuktikan bahwa pembaruan UI berbasis hasil evaluasi UX mampu meningkatkan kualitas interaksi pengguna secara menyeluruh, khususnya dalam hal inovasi dan daya tarik visual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...