Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11 No 2 (2023): July 2023

Bimbingan Konseling Islam untuk Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa SMP Islam Ambulu Jember

Tamami, Badrut (Unknown)
Mijianti, Yerry (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Setelah masa pandemi dan pembelajaran dilakukan secara luring (luar jaringan) kembali, kegiatan keagamaan siswa di sekolah makin menurun. Hal ini dibuktikan dengan terdapat siswa yang kurang sopan terhadap guru dan teman, tidak tertib beribadah, dan tidak mematuhi  guru. Maka diperlukan bimbingan konseling Islam agar kegiatan keagaamaan siswa di sekolah dapat berjalan efektif kembali. Selain itu, diharapkan kecerdasan spritual siswa dapat meningkat dengan adanya bimbingan konseling Islam.  Hal inilah yang menjadi inti permasalahan dalam penelitian ini yaitu peran bimbingan konseling Islam dalam meningkatkan Spiritual Quotient pada siswa SMP Islam Ambulu Jember, dan penerapan Spritual Quotient di SMP Islam Ambulu Jember dalam mencetak generasi muda. Cara pemecahannya menggunakan rancangan deskripstif kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru Bimbingan Konseling atau Guru BK dan siswa kelas VIII SMP Islam Ambulu Jember. Instrumen penelitian adalah peneliti sebagai instrumen utama sehingga peneliti yang mengumpulkan dan mendapatkan data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh yaitu kegiatan bimbingan konseling Islam membantu siswa menyelesaikan masalah dengan proses irsyad yang memiliki enam unsur yaitu mursyid, maadah, wasilah, ushlub, mursyadbih dan ghoyah. Proses irsyad tersebut didukung dengan langkah-langkah pengantaran, penjajakan, penafsiran, dan pembinaan. Penerapan Spritual Quotient di SMP Islam Ambulu Jember dalam mencetak generasi muda diwujudkan dengan kebiasaan melakukan ibadah keagamaan selama di sekolah. Kegiatan ibadah yang dimaksud yaitu membaca Al-Qur’an, solat sunah, dan solat berjamaah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...