Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 12 No 1 (2024): Januari 2024

Uji Validitas dan Efektivitas Buku English For Business Berbasis Multimodality di Prodi Kewirausahaan Universitas Negeri Medan

Siahaan, Sabda Dian Nurani (Unknown)
Setiana, Esa (Unknown)
Saragih, Lenti Susanna (Unknown)
Sitompul, Haryani Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Prodi Kewirausahaan Universitas Negeri Medan (UNIMED) adalah salah satu lembaga pendidikan yang berperan aktif dalam menyelenggarakan pendidikan Kewirausahaan. Prodi ini memiliki visi untuk menghasilkan Entrepreneur. Salah satu keahlian yang dituntut bagi seorang pengusaha adalah kemampuan berbahasa internasional. Permasalahan yang terjadi di Prodi Kewirausahaan ini adalah kemampuan bahasa Inggris masiswa yang  masih rendah, hal ini tercermin dari rendahnya hasil belajar mereka. Permasalahan ini mungkin disebabkan oleh kurangnya buku bahasa Inggris bisnis yang dimiliki dosen sehingga berdampak pada tidak optimalnya penyampaian pembelajaran di kelas. Selama ini, materi yang diberikan masih berupa materi adopsi yang dirangkum secara umum tanpa menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa terhadap peningkatan kemampuan berbahasa internasional. Dosen tidak memiliki buku ajar sendiri sehingga dosen tidak memiliki panduan yang jelas dalam mengajar. Ketidaktersediaan bahan ajar mengakibatkan pengajaran yang kurang variatif dan tidak terarah. Berdasarkan hal tersebut, dosen pengampu mata kuliah Business English perlu menciptakan buku sendiri karena harus bisa sekreatif mungkin membantu mahasiswa dalam memahami Bahasa Inggris Bisnis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Develompment (RnD)). Metodologi penelitian ini menggunakan model pengembangan empat dimensi (4-D) yang terdiri dari empat tahap: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Ada dua jenis metode analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu validitas dan efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian, buku yang dihasilkan termasuk kategori sangat sesuai dengan skor validitas sebesar 91,12%. Berdasarkan uji keefektivan, rata-rata nilai mahasiswa sebelum tes lebih rendah dibandingkan nilai postes, dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...