Terdapat faktor menentukan kesuksesan hasil belajar satu diantaranya keaktifan belajar peserta didik.Tujuan penelitian mengetahui bagaimana keantifan belajar dan hasil belajar serta korelasi antara keaktifan dan hasil belajar peserta didik. subjek penelitian yaitu 38 orang kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Pontianak. metode penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian studi kasus melalui observasi dengan angket keatifivitas dan data hasil asessment formatif peserta didik. analisis data dengan SPSS. Keaktifan belajar peserta didik di kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 4 Pontianak menunjukkan tingkat yang cukup dengan persentase sebesar 67,76%. Sementara itu, hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 86,60, yang dapat dikategorikan sebagai tinggi. Analisis statistik menggunakan SPSS mengungkapkan adanya korelasi signifikan antara keaktifan dan hasil belajar peserta didik, nilai r adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Korelasi ini sangat kuat, mencapai koefisien 0,874, menunjukkan hubungan positif: ketika keaktifan belajar tinggi, hasil belajar peserta didik juga tinggi, dan sebaliknya.
Copyrights © 2023