Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media booklet dalam meningkatkan kemampuan menemukan unsur intrinsik cerita pendek di kelas IX SMPN 4 Teriak, melihat bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran serta bagaimana hasil belajar peserta didik pada materi menemukan unsur intrinsik dalam cerita pendek di kelas IX SMPN 4 Teriak setelah menggunakna media booklet. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Teriak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil siklus I untuk perencanaan pelaksanaan pembelajaran diperoleh total skor 96 dengan nilai akhir 96% pada siklus I, ini berarti bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran menemukan unsur intrinsik dalam cerita pendek menggunakan media booklet sudah sangat baik. Kemudian, pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh skor 80 dengan nilai akhir 80% dan pada siklus II diperoleh skor 95 dengan nilai akhir 95%, ini berarti bahwa terdapat peningkatan dalam pelasanaan pembelajaran sebanyak 15%. Pada hasil belajar siklus I terdapat 3 peserta didik tidak tuntas, pada siklus II 39 peseerta didik tuntas atau 100% tuntas, ini berarti bahwa terjadi peningkatan yang signifikan. Jadi, demikian dapat disimpulkan penggunaan media booklet dapat meningkatkan kemampuan menemukan unsur intrinsik dalam cerita pendek di kels IX SMPN 4 Teriak.
Copyrights © 2024