JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 8, No 2 (2025): JIMB - VOLUME 8 NOMOR 2 SEPTEMBER 2025

CUSTOMER LOYALTY NASABAH BSI: PERAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP SERVICE QUALITY DAN COMPLAINT HANDLING

Yuyun, Yuyun (Unknown)
Kalis, Maria Christiana Iman (Unknown)
Purmono, Bintoro Bagus (Unknown)
Afifah, Nur (Unknown)
Setiawan, Harry (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Bank Syariah Indonesia dianggap sebagai instansi financial yang berlandaskan kaidah Islam dan nilai-nilai moral, yang menjadikannya pilihan utama bagi mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam. Service quality yang baik dan complaint handling yang efektif, serta kemampuan bank dalam memenuhi harapan nasabah, memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat Customer Satisfaction, baik bagi nasabah yang menabung maupun yang menggunakan produk perbankan tersebut. Customer satisfaction tersebut kemudian berpengaruh terhadap customer loyalty dalam jangka panjang. Studi ini ingin mengevaluasi pengaruh Service Quality dan Complaint Handling oada Customer Loyalty, dengan Customer Satisfaction dijadikan variabel mediasi, di Bank Syariah Indonesia. Sebanyak 200 responden ditentukan melalui purposive sampling. Datanya didapati secara membagikan kuesioner serta dianalisa bermetode Structural Equation Modeling dengan Smart PLS. studi ini menghasilkan bila service quality dan complaint handling berkontribusi signifikan positif pada customer satisfaction, sevice quality dan complaint handling berkontribusi signifikan positif pada customer loyalty, custpmer satisfaction berkontribusi signifikan positif pada customer loyalty, dan customer satisfaction memediasikan pengaruh complaint handling serta service quality pada customer loyalty.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...