Bank Syariah Indonesia dianggap sebagai instansi financial yang berlandaskan kaidah Islam dan nilai-nilai moral, yang menjadikannya pilihan utama bagi mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam. Service quality yang baik dan complaint handling yang efektif, serta kemampuan bank dalam memenuhi harapan nasabah, memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat Customer Satisfaction, baik bagi nasabah yang menabung maupun yang menggunakan produk perbankan tersebut. Customer satisfaction tersebut kemudian berpengaruh terhadap customer loyalty dalam jangka panjang. Studi ini ingin mengevaluasi pengaruh Service Quality dan Complaint Handling oada Customer Loyalty, dengan Customer Satisfaction dijadikan variabel mediasi, di Bank Syariah Indonesia. Sebanyak 200 responden ditentukan melalui purposive sampling. Datanya didapati secara membagikan kuesioner serta dianalisa bermetode Structural Equation Modeling dengan Smart PLS. studi ini menghasilkan bila service quality dan complaint handling berkontribusi signifikan positif pada customer satisfaction, sevice quality dan complaint handling berkontribusi signifikan positif pada customer loyalty, custpmer satisfaction berkontribusi signifikan positif pada customer loyalty, dan customer satisfaction memediasikan pengaruh complaint handling serta service quality pada customer loyalty.
Copyrights © 2025