An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4 No 3 (2025): Januari-April

IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIKIH: STUDI KASUS DI MTS NURUL IMAN PRAYA

Sulton (Unknown)
Rofiatul Hosna (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model Discovery Learning dalam meningkatkan minat belajar Fikih siswa kelas IX di MTs Nurul Iman Praya. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Discovery Learning berhasil meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran melalui tahapan stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, hingga presentasi hasil. Faktor pendukung meliputi suasana kelas yang interaktif dan ketersediaan sarana pembelajaran, sementara hambatan utama berupa alokasi waktu yang terbatas dan kesulitan mengelola kelas besar. Studi ini merekomendasikan pelatihan guru dalam merancang pembelajaran berbasis penemuan serta penyesuaian strategi untuk mengoptimalkan penerapan model ini. Temuan penelitian berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran Fikih yang lebih efektif di lingkungan madrasah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...