An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4 No 3 (2025): Januari-April

INTEGRASI DEEP LEARNING DALAM PENDIDIKAN ISLAM ADAPTIF: SEBUAH STUDI LITERATUR SISTEMATIS

Rizwan Martiadi (Unknown)
Riyanti Agustini (Unknown)
Tatang Muh Nasir (Unknown)
Mohamad Yudiyanto (Unknown)
Deni Tata Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Di era disrupsi digital, teknologi Deep Learning menjadi salah satu inovasi penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk dalam konteks pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi penerapan Deep Learning dalam menciptakan sistem evaluasi adaptif yang selaras dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang holistik. Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis berbasis protokol PRISMA, dengan analisis data menggunakan perangkat lunak NVivo 12. Literatur yang dianalisis terdiri dari 32 artikel terpilih dari tahun 2015–2024, yang diperoleh melalui database seperti Scopus, Google Scholar, Garuda, dan ScienceDirect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Deep Learning tidak hanya unggul secara teknis dalam pembelajaran personalisasi, prediksi prestasi, dan deteksi retensi siswa, tetapi juga sejalan secara filosofis dengan ajaran Islam tentang pentingnya pemanfaatan akal dan pencarian ilmu. Namun demikian, terdapat tantangan etis dan teknis yang perlu diperhatikan, seperti perlindungan data siswa dan ketimpangan akses teknologi. Studi ini menyimpulkan bahwa integrasi Deep Learning dalam pendidikan Islam dapat memperkuat kualitas pembelajaran dan pembentukan karakter, asalkan disertai dengan prinsip etika Islam

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...