An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol. 3 No. 1 (2023): Mei 2023

Penanaman Nilai Toleransi Beragama Mata Pelajaran Aswaja di Sekolah sebagai Pilar Perdamaian Dunia

Apologia, Milla Ahmadia (Unknown)
Muzamil, Muzamil (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Artikel ini mengulas tentang bagaimana penanaman toleransi dalam nilai Aswaja di sekolah sebagai pilar perdamaian dan perdaban bangsa. Indonesia yang merupakan Negara majemuk memiliki potensi konflik intoleransi antar umat beragama baik konflik internal sesama muslim misalnya perbedaan pemahaman aktualisasi peribadatan maupun eksternal antar umat beragama seperti polemik pendirian rumah ibadah dan sebagainya. Nilai nilai toleransi dalam Aswaja disinyalir secara kuat dapat mencegah intoleransi dengan menguatkan rasa persaudaraan (Ukhuwah). Dalam Nahdlatul Ulama’ ada sebuah rumus dalam Qonun Asasi tentang bagaimana konsep ukhuwah itu dipahami: ukhuwah Islamiyah, wathoniyah dan bashariyah. Nilai toleransi dalam aswaja itulah yang menjadi ruh konsep ukhuwah dalam Nahdlatul Ulama. Strategi penanaman nilai toleransi yang mendasar adalah melalui jalur pendidikan di sekolah. Penanaman nilai toleransi di sekolah dari bingkai kurikulum dapat diinternalisasi melaui Pertama; kegiatan pembelajaran Intrakurikuler pembelajaran Aswaja. Kedua; pembentukan iklim budaya sekolah melalui pengamalan tradisi amaliah aswaja. Ketiga; penguatan Profil Pelajar Rohmatal lil alamin atau Profil pelajar pancasila pada nilai kebinekaan global. Terbentuknya nilai toleransi antar umat beragama yang dimulai di bangku sekolah akan menjadi pilar terciptanya perdamaian dan perdaban dunia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

an-nafah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman focuses on issues found in the field of Islamic Education and Islamic Studies both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Education and Islamic Studies ...