Pendidikan memainkan peran penting dalam kehidupan anak, yang bertujuan untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan melalui pembelajaran di kelas. Motivasi adalah faktor kunci dalam mencapai tujuan pendidikan, yang secara signifikan mempengaruhi kinerja siswa, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif. Di Indonesia, kebijakan pendidikan inklusif memastikan kesempatan pendidikan yang setara bagi semua, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana keterampilan kreatif dapat meningkatkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Pagaruyung. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengamati interaksi kelas dan mewawancarai guru untuk memahami metode dan tantangan pengajaran yang efektif. Temuan menunjukkan bahwa kegiatan kreatif, seperti kerajinan tangan dan puisi, secara signifikan meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri pada siswa berkebutuhan khusus. Guru memainkan peran penting dalam mengidentifikasi dan memelihara bakat siswa melalui dukungan berkelanjutan dan penguatan positif. Studi ini menekankan pentingnya pendekatan pengajaran yang inovatif dan lingkungan belajar yang mendukung dalam menumbuhkan motivasi dan pertumbuhan pribadi di antara anak-anak berkebutuhan khusus. Wawasan ini berkontribusi untuk mengembangkan strategi yang efektif untuk pendidikan inklusif, memastikan semua anak dapat mencapai potensi penuh mereka.
Copyrights © 2024