Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol. 8 No. 1 (2024): EDUNOMIKA

HUBUNGAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS

Syah, Nurul Hasanah (Unknown)
Iswanto, Heru (Unknown)
Rachmat Fauzan, Tribowo (Unknown)
Louisa Siahaya, Septina (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh hubungan antara relationship marketing dengan kepuasan nasabah, dan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner yang diperoleh sebanyak 265 responden dan tehnik analisis menggunakan Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa H1 relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas. H2 relationship marketing berpengaruh terhadap Kepuasan. Dan H3 kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas. Loyalitas nasabah bank dapat diukur dari berapa lama mereka menjadi nasabah bank tersebut, nasabah bank dapat diukur dari kesediaan nasabah untuk merekomendasikan bank tersebut kepada orang lain. Peningkatan loyalitas nasabah bank menjadi semakin nyata ketika bank menjadi pilihan utama layanan perbankan. Kata Kunci: Relationship Marketing, Kepuasan, Loyalitas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...