Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2024): Agustus

Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis pada Siswa Melalui Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Flashcard Alphabert di SDN Turipinggir 1 Megaluh Jombang

Sujono, Sujono (Unknown)
Arifin, Muhyiddin Zainul (Unknown)
Sutrisno, Sutrisno (Unknown)
Habib, Habib (Unknown)
Maulidiana, Aulia (Unknown)
Yunizhar, Laili (Unknown)
Zudlan, Qorirotul Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Membaca merupakan keterampilan yang diperlukan sebagai aspek dasar setiap siswa. Namun kemampuan membaca yang kurang pada siswa sekolah dasar khususnya kelas 1 dan 2 belum berkembang dengan baik. Kurangnya kemampuan membaca siswa juga berdampak pada kemampuan menulisnya yang terletak pada (1) cara pengucapan huruf yang runtut dan tidak jelas, (2) pembacaan suku kata, (3) penulisan yang mengandung kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi membaca dan menulis pada siswa melalui media pembelajaran berupa flashcard Alphabert di SDN Turipinggir 1 Megaluh Jombang. Dari hasil sosialisasi peningkatan kapasitas, rata-rata nilai posttest siswa adalah 54 yang termasuk dalam kriteria “cukup mampu”. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang terlihat pada diri siswa dari sebelum dilaksanakan tes dan setelah dilakukan tes

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimaspen

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JUMAT PENDIDIKAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT adalah Jurnal ilmiah yang mewadahi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA). Jurnal ini akan mempublikasikan ...