Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan mendesak untuk mengatasi rendahnya hasil belajar dan kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran IPA di SMP Katolik Padadita. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Kombinasi Model Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan LKPD Crossword Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam kegiatan Siklus I dan Siklus II yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan kombinasi model Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Course Review Horay berbantuan LKPD Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPA di SMP Katolik Padadita. Peningkatan tersebut dapat dilihat selama Siklus I dan Siklus II melalui pembelajaran yang dilakukan. Peningkatan hasil belajar pada Siklus I mmencapai 61% dan pada Siklus II menjadi 91%. Sedangkan hasil belajar afektif peserta didik mengalami peningkatan pada Siklus I menunjukkan 15 orang dengan predikat sangat baik, 10 orang dengan predikat baik, 5 orang dengan predikat cukup, dan 3 orang dengan predikat kurang. Pada Siklus II, 21 orang dengan predikat sangat baik, 6 orang dengan predikat baik, 4 orang dengan predikat cukup, dan 2 orang dengan predikat kurang. Kesimpulannya yaitu hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah penerapan kombinasi model Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Course Review Horay berbantuan LKPD Crossword Puzzle.
Copyrights © 2025