Jurnal Pengabdian West Science
Vol 3 No 02 (2024): Jurnal Pengabdian West Science

In House Training (IHT) Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Arafah Bitung

Radjak, Dwi Setiawati (Unknown)
Jusuf, Syarifudin (Unknown)
Isilly, Kurniawati (Unknown)
Bongkang, Andi Darmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, suatu proses harus dilakukan secara dinamis dan berkesinambungan agar efektif dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengembangan diri terkait kurikulum belajar mandiri. Kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk in-house training melibatkan 12 orang tenaga pendidik yang berada di Madrasah Aliyah Arafah Bitung. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan materi, berdiskusi, dan menanyakan jawaban. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemahaman materi yang baik diperoleh persentase sebesar 33,3% menyatakan sangat setuju, 41,7% menyatakan setuju, dan 25% menyatakan cukup setuju. Penelitian ini dapat dijadikan referensi terkait pengembangan kurikulum belajar mandiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpws

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian West Science adalah jurnal ilmiah multidisiplin yang diterbitkan oleh Westscience Press. Di tingkat nasional banyak sekali masalah-masalah umum atau isu-isu yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan ...