RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 10, No 5 (2025): RISTEKDIK: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING - MEI 2025

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENGATASI BULLYING SISWA KELAS VIII SMPN 5 PADANGSIDIMPUAN

Dela, Vitria Larseman (Unknown)
Saputri, Nor Mita Ika (Unknown)
Pardede, Nurhasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Asertif Untuk Mengatasi Bullying Siswa Kelas VIII SMPN 5 Padangsidimpuan. Bullying merupakan penindasan berulang secara fisik,psikologi, sosial ataupun verbal yang dilakukan teman sebaya kepada seseorang yang lebih rendah atau lemah untuk keuntungan atau kepuasaan mereka sendiri. Budaya bullying atas nama senioritas masih terus terjadi di kalangan peserta didik disekolah dasar, biasanya bullying terjadi berulang kali bahkan ada yang dilakukan secara terencana. Teknik asertif merupakan teknik bermain peran yang membantu siswa untuk mengungkapkan masalah segala yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan saat mengalami dengan berani tanpa harus menyinggung hak orang lain. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif untuk mengatasi bullying siswa kelas VIII SMPN 5 Padangsidimpuan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif untuk mengatasi bullying siswa kelas VIII SMPN 5 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pra-eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan dengan menggunakan alat instrumen angket tentang bullying. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan untuk menganlisis data berdasarkan data fakta dari responden. Dari penelitian yang telah dilakukan peneliti memperoleh hasil data sebagai berikut, berdasarkan pengurangan jumlah dari hasil kelompok eksperimen sebelum mendapat perlakuan (pretest) adalah 956 dengan nilai rata-rata 95,6. Jumlah kelompok eksperimen sesudah mendapatkan perlakuan (posttest) adalah 885 dengan nilai rata-rata 88,5. Dengan hasil pretest 95,6 dan hasil posttest 88,5 maka kelompok eksperimen mengalami penurunan sebesar 7,1. Maka dari dari hasil penghitungan terjadi penurunan terhadap bullying melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif pada siswa kelas VIII SMPN 5 padangsidimpuan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...