Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pengambilan keputusan karir pada peserta didik di sekolah. Permasalahan ini terdapat pada peserta didik kelas VIII reguler di MTsN 1 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana penerapan konseling kelompok dengan teknik role playing terhadap pengambilan keputusan karir peserta didik di MTsN 1 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus multikasus.Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses pelaksanaan konseling kelompok teknik role playing yang dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan. Peneliti menggunakan tahapan-tahapan melaksanakan konseling kelompok beberapa tahapan antara lain, tahap praconseling, tahap permulaan, tahap transiksi, tahap kerja, tahap akhir dan tahap pascakonseling. Dan tahapan role playing antara lain, pemanasan, memilih partisipan (peran), mengatur setting tempat kejadian, menyiapkan obsever, pemeranan, diskusi dan evaluasi, pemeranan kembali, diskusi dan evaluasi, bebagi pengalaman dan melakukan generalisasi. 2) hambatan dalam proses pelaksanaan konseling kelompok teknik role playing yang dilaksanakan oleh peneliti sendiri hambatan yang dirasakan peserta didik ialah susuh untuk memahami naskah dan belum mengerti cara malakukan role playing, dan belum mengerti mengenai konseling kelompok
Copyrights © 2025