NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 10, No 12 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

ANALISIS PENYEBAB KETIDAKSUKAAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Putra Kaya Harahap, M. Abrar (Unknown)
Zahara Simanjuntak, Andini (Unknown)
Ramadhani, Nur Hasana (Unknown)
siregar, Latifah (Unknown)
Balqis Nst, Ratika (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting dalam membentuk generasi muda yang cerdas dan unggul, namun terkadang fakta di lapangan banyak generasi muda yang kekurangan semangat belajar khususnya pada mata pelajaran IPS sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi kajian pustaka dengan mengkaji penelitian-penelitian terdahulu sebagai pertimbangan menghasilkan penelitian baru. Dari hasil kajian pustaka yang telah ditemukan didapatkan sebuah temuan bahwa terjadi penurunan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS tingkat sekolah dasar. Hal ini disebabkan karena kajian IPS yang sangat luas yang mencakup berbagai bidang disiplin ilmu diantaranya sosial, budaya, dan keberagaman. Terkadang guru juga hanya sekedar menyampaikan materi tanpa mempertimbangkan hal lain seperti strategi pembelajaran. Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang monoton akan membuat siswa merasa jenuh dan kehilangan semangat untuk belajar. Strategi untuk meningkatkan minat belajar termasuk perbaikan kurikulum, metode pengajaran inovatif, dan keterlibatan aktif siswa. Model pembelajaran PBL diusulkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan fokus pada pemecahan masalah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...