Kemampuan analisis mahasiswa menjadi tujuan penelitian ini yang perlakuannya dilaksanakan pada setiap tatap muka. Dalam tatap muka ini kemampuan analisis mahasiswa di ukur dengan memberikan opsi berupa: kemampuan menganalisis materi, memaparkan serta dialog setiap tatap muka, setelah setiap pemateri mempresentasikan makalahnya. Metode yang digunakan untuk mendapatkan hasil kemampuan analisis menggunakan skala menurut Saifuddin Azwar. Adapun hasi penelitian yaitu pada kemampuan analisis makalah didapatkan hasil dengan kategori Sangat Rendah sebanyak 6 mahasiswa dengan persentase 42, 86 %, untuk kemampuan analisis pemaparan pada kategori sedang, yaitu sebesar 50 %, pada kemampuan analisis kategori dialog masih sangat rendah karena ditemukan persentasenya sebesar 64,29 %. Dari ketiga kemampuan analisis yang didapatkan disimpulkan bahwa kemampuan analisis mahasiswa sangat rendah. Untuk selanjutnya perlu diberikan masukan dan penambahan dalam hal-hal tertentu untuk meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa.
Copyrights © 2024