Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 3 No. 1 (2025): November

Pendampingan Penyusunan Desain Pembelajaran Berbasis Meaningful dan Mindful Learning dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di SMP IT Syuhada

Perdana, Riki (Unknown)
Pujianto, Pujianto (Unknown)
Wiyatmo, Yusman (Unknown)
Sukardiyono, Sukardiyono (Unknown)
Widyaningtyas, Febrina Siska (Unknown)
Setiaji, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2025

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan profesionalisme guru di SMP IT Syuhada melalui pendampingan dalam penyusunan desain pembelajaran berbasis meaningful dan mindful. Untuk mencapai tujuan ini, serangkaian pelatihan dan workshop kolaboratif telah dilaksanakan berfokus pada perancangan perangkat ajar yang inovatif, relevan, dan menstimulasi keterlibatan aktif peserta didik. Metode pelaksanaan mencakup identifikasi kebutuhan guru, memberikan literatur tentang pembelajaran meaningful dan mindful, demonstrasi praktik, dan pendampingan intensif dalam pengembangan desain pembelajaran. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan guru untuk mengintegrasikan prinsip meaningful dan mindful learning dalam setiap aspek pembelajaran. Guru berhasil merancang pengalaman belajar yang adaptif, kontekstual, dan memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, karakter peserta didik. Selain itu, aktivitas ini membantu meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian guru dalam menyiapkan perangkat ajar. Pendampingan berkelanjutan sangat penting dalam upaya untuk mendorong guru mengintegrasikan teori meaningful dan mindful learning dalam praktik kelas sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...