JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Literature Review: Implementasi Project Based Learning dalam Pemahaman Ekosistem melalui Proyek Hidroponik Berkelanjutan

Simaremare, Inda Vandiwinata (Unknown)
Sianturi, Betaria Sonata (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)
Gultom, Yosa Martini (Unknown)
Silaban, Pita Valentina (Unknown)
Mukra, Rizal (Unknown)
Arwita, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep ekosistem melalui proyek hidroponik berkelanjutan. Kajian ini dilakukan menggunakan metode literature review dengan pendekatan deskriptif kualitatif terhadap 15 artikel ilmiah nasional dan internasional terbitan tahun 2020–2025. Analisis dilakukan untuk menelaah efektivitas PjBL dalam konteks pembelajaran sains, khususnya pada topik ekosistem yang berorientasi pada keberlanjutan lingkungan. Hasil telaah menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara konsisten meningkatkan hasil belajar, kemampuan berpikir tingkat tinggi, serta kesadaran ekologis peserta didik. Proyek hidroponik terbukti efektif sebagai media kontekstual yang mengintegrasikan aspek biologi, teknologi, dan kewirausahaan hijau. Kajian ini menegaskan bahwa PjBL berbasis proyek hidroponik berkelanjutan merupakan pendekatan pembelajaran inovatif yang relevan untuk memperkuat literasi sains.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...