Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2025): Oktober 2025 - Januari 2026

Pengembangan Video Pembelajaran Pembuatan Cup Cake Sari Markisa dengan Teknik Fusion pada Mata Kuliah Pegelaran Cipta Karya Kuliner

Pinem, Menang Suranta (Unknown)
Ariani, Risa Panti (Unknown)
Masdarini, Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan media video pembelajaran pembuatan cup cake sari markisa dengan model 4D. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development dan Disseminaate). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan melalui metode kuisioner dengan menggunakan instrumen angket. Subjek pada penelitian ini terdiri dari dua orang ahli materi dan dua orang ahli media dan desain. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penelitian pengembangan media video dengan metode 4D meliputi empat tahapan, yaitu: 1) Define, meliputi tahap analisis awal. 2) Design, tahapan perancangan materi video yang akan dikembangkan. 3) Development, tahapan produksi video dan penilaian oleh ahli materi serta ahli media dan desain. 4) Desseminate, tahapan penyebarluasan produk. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa media video yang dikembangkan berada pada kategori “Sangat Layak” dan “Valid” secara teoritis. Dibuktikan dengan presentasi dari ahli materi sebesar 98% dan presentase dari ahli media dan desain sebesar 91,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan media video pembelajaran ini sangat layak digunakan sebagai sumber belajar pada mata kuliah Pegelaran Cipta Karya Kuliner.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...